CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Selasa, 09 November 2010

Mbah Marijan Jadi Tumbal Letusan Merapi ?

Tumbal biasa disebut adalah pengorbanan, dalam kamus inggris adalah sacrifice. Dalam Kehidupan sehari-hari, istilah tumbal sering di analogikan kepada sebuah kenyataan, ketika sebuah kejadian yang tidak diketahui sebabnya, tiba-tiba saja terjadi, maka penyederhanaan kejadian itu adalah korban menjadi tumbal. Contoh sederhana, ketika terjadi kecelakaan di daerah angker, maka masyarakat umumnya mengatakan korban menjadi korban.

Mengutip wikipedia tentang pertumbalan, Tumbal adalah sesuatu atau seseorang yang diserahkan sebagai korban untuk suatu keinginan tertentu. Tumbal berkaitan erat dengan dunia mistik sehingga pembuktiannya sangat susah. Tumbal bisa berupa sesaji hewan maupun manusia. Seseorang yang dijadikan tumbal biasanya akan meninggal atau mengalami cacat seumur hidup.

Konsep per-tumbal-an di letusan merapi ini, (Jumat, 29/10/2010 16:11 WIB BNPB: Korban Tewas Merapi 36 Orang ) mencuat ketika calon pengganti mbah marijan, yaitu ponimin secara tersirat menyatakan , Ponimin: Ada Istana Megah dan Panembahan Senopati di Merapi

0 komentar: